analisa saya dari kelebihan dan kekurangan blackberry dari segi kegunaannya

Teman - teman saya akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan Blackberry, tapi bukan secara mendalam melainkan secara fungsi dan kegunaannya karena saya pengguna Blackberry juga..Tidak ada maksud lain dalam postingan ini tapi sebatas analisa saya saja ketika menggunakan blackberry, semoga tulisan saya ini dapat menginspirasikan perusahaan BB ( blackberry ) atau juga perusahaan Telco lainnya dlm memanjakan konsumennya.
Kita semua tahu BB saat ini sudah menjadi trend di masyarakat, BB saat ini sebagai barang yang wajib dipakai bagi kalangan ekonomi yang menengah atas, para pekerja yang aktif, orang yang punya life style dll.
Kedatangan BB ini dapat menyingkirkan beberapa perusahaan Telco lainnya yang sudah besar seperti NOKIA, samsung dll yang dulu notabene sebagai perusahaan telco yg sudah unggul sebelumnya..
saya tidak akan membahas tentang BBnya ( segmentasi, Brand activationnya dll ) karena saya bukan pakarnya he2..tapi saya lbh menarik membahas ttg kegunaan sehari2 kelebihan dan kekurangannya yang saya rasa selama ini..ini hasil analisa saya :
Kelebihannya :
1. Bisa langsung mengakses internet lewat fitur internetnya --> karena masa sekarang internet merupakan salah satu kebutuhan orang utk mengetahui beberapa hal yang ingin diketahuinya dan perubahan2 yang ada di Indonesia maupun di dunia luar ( kata orang indonesia biar wawasannya lebih terbuka he2 ).
2. Terdapat fitur Facebook --> ya inilah salah satu alasan orang untuk menggunakan BB hal ini dikarenakan kebanyakkan masyarakat indonesia yang saat ini sangat menggandrungi Facebook ( indonesia sbagai pengguna FB terbanyak saat ini ) tetapi saat ini sudah tidak special lagi karena beberapa HP sudah menggunakan Fitur tersebut.
3. Paling utama kelebihan BB saat ini adalah mempunyai fasilitas Blackberry massanger dimana komunikasi langsung dapat dilakukan tanpa memencet no hpnya yang kita hubungi, kegunaan BBM ini sebagai pengganti sms tapi lebih praktis hanya add pin saja ke orang yang mau kita tuju sekali dan bisa terus2an berkomunikasi tanpa mengeluarkan pulsa sedikitpun.
BBM ini juga mempunyai keunggulan lainnya yaitu : kita bisa mengirimkan foto-foto dari semua kejadian2 atau tempat kita berada saat ini ke orang lain sehingga sering dijadikan orang untuk bukti dan informasi lainnya.
BBM juga bisa dijadikan grup - grup dimana grup itu adalah yang berisi dari beberapa orang yang bisa dijadikan tempat sharing, tempat curhat, tempat jualan dll yang mempunyai karakter hobby,sekolah sama atau juga dalam satu pekerjaan yang sama dan profesi yang sama walaupun dari tempat yang berbeda.
4. Beberapa kelebihan lain dari BB adanya beberapa fitur untuk membuka social media lainnya seperti twitter, yahoo massanger dll dan langsung aktif berkomunikasi tapi point terakhir ini sudah diikuti oleh HP-HP lainnya.

Nah setelah kita membahas tentang kelebihan sekarang saya membahas kekurangan yang sering saya rasakan selama ini, kekurangannya antara lain :
1. Batterai yang dipakai hanya bisa berlangsung cuman 1 malam saja maksimal 20jam dan harus di charge lagi.. sebenarnya ini hal simple tetapi sangat mempengaruhi kegunaan kita..disaat kita butuh kita lupa untuk menchargenya tidak ada batterai cadangan sehingga apabila mati BBnya maka segala aktifitas akan tertunda juga.
2. Grup BBM ( Blackberry massanger ) hanya maksimal berisi 30 orang saja.. padahal kalau kita beraktivitas dan mempunyai teman dengan kesamaan profesi, di lingkungan kerja sama, hobby sama tidak cukup hanya 30 orang saja..minimal teman yang digrup tersebut 100 orang sehingga komunikasi lebih luas lagi.
3. Sekarang banyak dikeluhkan orang - orang adalah banyaknya Broadcast massanger di Black berry Massanger yang tidak penting alias ALAY ( anak Lebay ) sehingga bisa membuat kapasitas memory dan batterai kita gampang habis, seharusnya dibuatkan mekanisme yang jelas untuk orang yang ingin melakukan broadcast seperti ada ijin dulu ke masing2 orang sebelum broadcast dikirim dan diterima ( seperti Yahoo massanger untuk dapat melihat Cam seseorang ada ijin terlebih dahulu..jika orang gak berkehendak bisa di tolak)...
4. Gampang rusaknya elemen-elemen yang ada di BB --> keypad, memory cepat hang karena kapasitas memory yang rendah dll.
5. Tempat servis BB yang resmi hanya sedikit berada di masing - masing wilayah hal ini sehingga kadang - kadang susah untuk menservis apabila BB itu rusak harusnya kalau sudah sebagai barang kebutuhan konsumen pihak perusahaan BB membuka titik-titik servis yang banyak dan resmi seperti perusahaan Telco lainnya di setiap mall ada..

Oh ya sebagai masukkan juga ada beberapa fitur juga sangat penting bagi Telco agar lebih lengkap lagi sebagai pusat informasi kita, mungkin masukkan saya :
1. Adanya fitur tentang cctv dari polda atau kepolisian setempat yang bisa diakses langsung karena untuk mengetahui keadaan di jalanan agar waktu lebih efektif, menurut saya fitur ini sangat diperlukan untuk aktivitas sehari - harinya dan cocok bagi para pekerja - pekerja yang mempunyai mobilitas yang tinggi.
2. Adanya BB yang bisa di taruh di mobil ( seperti tv mini ) atau bisa nyambung di tv tersebut yang dapat di operasikan dari jarak jauh karena aturan lalu lintas sekarang tidak boleh mengoperasikan HP karena dapat mengganggu konsentrasi menyetir. jika dioperasikan jarak jauh maka kita ingin mengetahui informasi terbaru dan jawab BBM dapat segera dilakukan.

Demikian teman-teman catatan pribadi saya tentang kelebihan dan kekurangan Blackberry tersebut..mudah2an sama dengan anda alami dan dapat dilakukan perbaikkan oleh distributor atau perusahaan BB tersebut dan diharapkan perusahaan telco lainnya dapat melengkapi beberapa kekurangan tersebut sehingga semakin lengkap kegunaan alat komunikasi di tangan kita ( airaperibumi 01-11 )

0 komentar:

Posting Komentar