pelajaran berharga dari bencana gempa jepang

Pada tanggal 11 Maret 2011 telah terjadi gempa 9 skala ritcher dan diikuti gelombang tsunami yang mengakibatkan ribuan orang meninggal di negara JEPANG, yang merupakan salah satu ujung tombak perekonomian ASIA saat ini, tapi saya dari kejadian tersebut melihat LUAR BIASAnya karakter budaya masyarakat JEPANG dalam menghadapi masalah tersebut.
Ada pelajaran berharga dari JEPANG yang mungkin dapat diapplikasikan oleh masyarakat Indonesia saat ini, Adapun pelajarannya menurut catatan saya adalah :
1. Tidak adanya penjarahan di supermarket - supermarket hal ini dikarenakan budaya jepang yang sangat disiplin dan malah terbalikkannya banyak supermarket yang menurunkan harga serta memberikan gratis kepada orang - orang yg membutuhkan. Ini budaya jepang yang sudah tertanam saling membantu satu sama lain.
2. Mereka sangat mencintai negaranya ( Like or dislike this is my country ) dan mereka melakukan apapun demi negaranya.Warga jepang tdk melihat bencana sebagai kesempatan tapi melihat bencana sebagai tonggak untuk saling membantu.
3. Media TV Jepang tidak memperlihatkan gambar - gambar kesedihan atau kesusahan di rakyatnya, karena mereka tidak mau dianggap cengeng oleh negara lain, dan mereka merasa malu jika negaranya dianggap negara yang tidak kuat mental dalam mengatasi masalah.
4. Mereka Percaya terhadap satu sama lainnya, sehingga masing - masing para ahli diberikan kesempatan untuk mengerjakan segala sesuatunya sesuai bidangnya, dan yang menarik apabila dirasa tidak mampu maka mereka sendiri bersedia untuk mundur tanpa disuruh.
5. Setiap melakukan press cofference pasti melalui satu juru bicaranya sehingga menjadi 1 suara yang keluar sehingga tidak adanya keresahan di masyarakat.dan rakyat Jepang sangat mempercayai pemerintahannya dalam mengatasi permasalahan tersebut sehingga terdapat 1 komando hal ini beda di negara kita, banyak orang yg ngomong sehingga banyak persepsi dan semakin membuat keresahan di masyarakat.
6. Selalu Jujur mengungkapkan segala sesuatunya, klo kita lihat saat wawancara dengan TV selalu berbicara Jujur tentang kondisi yang terjadi dan akan terjadi berikutnya ( contoh : Efek dari PLTN yang meledak ). Karakter jujur selalu diutamakan oleh rakyat Jepang.

Demikian catatan saya tentang peristiwa Gempa Jepang, mereka memberi " TERANG " di tengah situasi yang serba susah..dan kita harus mengakui bahwa Jepang adalah negara kuat dengan budaya yang sangat Luar Biasa ( aira_peribumi0311 )

1 komentar:

Posting Komentar