beberapa pertanyaan sederhana saat interview masuk kerja..

Saya baru ingat saat pertama kali saya diinterview masuk kerja..Beberapa pertanyaan mungkin di setiap interview lainnya sama yaitu : Kenapa nama kamu.....??? dan berapa gaji yang diminta???..pertanyaan - pertanyaan itu yang sering terucap dari para interviewer..sebenarnya pertanyaan itu sederhana ternyata dibalik itu ada maksud-maksud yang mengandung artinya..mungkin dalam blog ini saya akan mengulas tentang hal tersebut..tetapi ulasan ini dari pemikiran saya pribadi..

1. Kenapa nama kamu ......... ??
Banyak orang yang menjawab dengan kata "ya itu pemberian orang tua atau ya saya gak tau mungkin orang tua ngidam" dan lain-lain jawaban..Sebenarnya para pewawancara bukan untuk lebih mengenal kita tetapi dia ingin tahu : 1. seberapa kreatif kita yang maksudnya dari pertanyaan kecil tetapi bisa menjabarkan segalanya berarti bagaimana kita bisa menganalisa suatu masalah kecil dan dapat menjabarkan masalah itu akhirnya dapat diselesaikannya dan 2. seberapa peduli kita terhadap segala sesuatunya yg ada di kita berarti jangankan kita peduli tentang apa yang ada di lingkungan apabila yang ada di pribadinya saja kita tidak peduli..
Apabila kita mendapatkan pertanyaan itu maka kita harus menjawab dengan jelas dan singkat..

2. Berapa harapan Gaji yang kamu minta??
Sering orang - orang menjawab terserah perusahaan,bagaimana kebijaksanaan perusahaan dan lain - lain..sebenarnya jawaban yang tepat kita harus menentukan terlebih dahulu gaji yang kita minta walaupun pada akhirnya terjadi tawar menawar..namanya harapan pasti kita akan meminta yang lebih - lebih tetapi kita harus dapat menjelaskan kenapa kita minta gaji seperti itu ( harus dengan perhitungannya ) contoh : gaji yang diminta x rupiah kenapa saya minta x rupiah karena : biaya transportasi x rupiah,makan x rupiah,kos x rupiah sisanya kami tabung sehingga para pewawancara itu melihat kita sudah punya rencana dan perhitungan yang matang terhadap kehidupan kita dan juga melihat kita sudah memiliki harga yang pantas untuk menduduki posisi tersebut..( aira peribumi 10 )

3 komentar:

BrenciA KerenS mengatakan...

udah lama nih ga tes wawancara... hehhe

tipsnya bagus banget buat para pencari kerja ...

Rossy R mengatakan...

good post

hiabrother mengatakan...

Tips yang bagus sob

Posting Komentar