Media promosi yang efektif adalah dari karyawannya sendiri

Mungkin judul itu pernah terlintas bagi kita tapi sering kita lupa tidak mengaplikasikan di kegiatan operasional setiap harinya.. kalo kita lihat dari judul diatas sebenarnya sangat simple.. karyawan yang merupakan "tulang punggung " perusahaan adalah suatu aset yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan..perusahaan sudah membayar karyawan setiap bulannya dan perusahaan mengharapkan karyawan tersebut memberikan sesuatu kontribusi yang lebih bagi perusahaan. Karyawan yang sebagai aset yang berharga dari perusahaan merupakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam melakukan aktivitas di kegiatan sehari-harinya..
karyawan juga secara otomatis akan mempunyai jiwa "sense of belong" sendiri terhadap perusahaannya secara otomatis karyawan juga menginginkan agar terus bekerja di perusahaan tersebut.
Dengan adanya "sense of belong" tersebut maka perusahaan juga harus memikirkan apa yang diharapkan oleh karyawannya agar terjadi suatu "simbiosis mutualisme"
Kalau menurut saya dengan pertimbangan diatas maka perusahaan harus memberikan kepercayaan kepada karyawannya untuk melakukan aktivitas promosi ke masyarakat umum termasuk salah satunya melakukan aktivitas selling..( tapi dengan catatan diberikan suatu training agar komunikasi yang benar ke masyarakat )..
Kenapa karyawan merupakan media promosi yang efektif ??? menurut analisa saya hal ini dikarenakan : 1. Menghemat biaya promosi ( bayangkan jika kita mengeluarkan biaya promosi di tv,radio dll, belum tentu orang yang melihat media ATL itu akan percaya dan terjadi transaksi ). 2. Karyawan jika mempunyai perasaan sense of belong yang tinggi terhadap perusahaannya pasti karyawan itu akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan sehingga karyawan akan mencoba untuk melakukan transaksi dan komunikasi sebanyak-banyaknya kemasyarakat yang lebih luas. 3. Karyawan sudah menguasai product knowledge dari produk-produk yang dikeluarkan perusahaan sehingga bisa menjelaskan kepada konsumen ataupun masyarakat sekitarnya tentang kelebihan dan manfaat produk tersebut. 4. Muncul adanya hubungan yang berkelanjutan antara karyawan dengan para konsumennya karena karyawan akan terus membina para konsumennya. Kalau kita melakukan analisa statistik saja seumpama dalam 1 perusahaan terdapat 1000 karyawan ( Mulai accounting,finance,sales dll ) melakukan selling, karyawan itu dalam lingkungan rumahnya saja yang kita hitung,dalam lingkungan 1 perumahan karyawan itu memiliki 20 orang saja yang dekat dan saya yakin jika sudah dekat maka pasti akan melakukan transaksi..maka secara otomatis akan terdapat transaksi 20.000 pcs.. jika 20 orang konsumen yg dekat dengan karyawan itu memperkenalkan 5 orang saja untuk diberikan kesempatan selling dan terjadi suatu transaksi maka transaksi itu akan mencapai angka 100.000 pcs..angka yang fantastik bukan???? bandingkan jika kita mengeluarkan uang untuk media TV,RADIO,dll yang mengeluarkan biaya milyaran tetapi belum pasti akan ada suatu transaksi sebesar itu dalam waktu yang singkat..Bandingkan sendiri ya efektif yang mana he..he..he, Demikian tips simple dari saya untuk memanfaatkan karyawan sebagai media promosi yang efektif bagi perusahaan...moga-moga dapat bermanfaat ya ( aira peribumi 09 )

1 komentar:

Posting Komentar