Cara simple untuk selling produk

Buat para sobat blog Aira..hari ini aira akan memberikan pengetahuan tentang selling produk yang simple dan efektif ( menurut saya he..he..he ), dan ini sudah saya praktekkan di semua kegiatan - kegiatan. adapun rumusnya adalah :

1. Menggunakan 3 tahapan :
1. Orang tahu
2. Orang Kenal
3. Orang Beli

3 Tahapan diatas biasanya orang tidak sabar dalam mengaplikasikan tersebut..biasanya orang ingin laku produknya tetapi dengan cara yang instant saja.berikut saya uraikan tahapan - tahapan tersebut.

1. Orang Tahu..
Bagaimana kita menginformasikan terlebih dahulu tentang produk yang kita jual, biasanya dengan cara - cara yang unik, contoh : menggunakan pengeras suara, ikon produk/happening art,Warna branding yang mencolok, SPG yang seksi dll. Sebenarnya dengan pola - pola yang unik itu biasanya konsumen akan sedikit melirik / melihat serta ingin mengetahui produk apakah itu?..sehingga rasa ingin tahunya semakin besar.

2. Orang Kenal..
Setelah rasa ingin tahu konsumen semakin besar maka diberlakukan tahap ke 2 yaitu bagaimana kita memperkenalkan suatu produk dengan menjelaskan segala sesuatu tentang produk : Harga, Kegunaan,Manfaat dll dari sebuah produk kita..
Pada fase ke 2 diharuskan diperkuat SDMnya, kalau perlu diberikan suatu produk knowledge bagi SDM - SDM yang turun di lapangan agar tidak terdapat salah komunikasi ke konsumen..
Sedikit info : Apabila tahap 2 ini dilakukan dengan benar maka konsumen akan otomatis membeli jika tidak benar maka otomatis juga konsumen tidak ada rasa tertarik sedikitpun terhadap produk kita.

3. Orang Beli..
Tahap ini adalah tahap akhir dari sebuah tahapan selling, tahap ini adalah efek daripada 2 tahap di depan..setelah konsumen sudah dilakukan tahapan ke 2 sudah benar maka kita sebagai penjual haruslah mengejar konsumen tersebut sehingga terjadi suatu transaksi baik itu melakukan dengan media Telephon,email, atau komunikasi lisan langsung dll.
Catatan : Di tahapan 3 ini kita harus mencari SDM yang jeli dan kuat dalam melakukan selling karena apabila tidak jeli maka percuma saja 2 tahap yang kita lakukan terlebih dahulu.
SDM tersebut diharuskan untuk jeli yaitu SDM itu mengetahui konsumen mana yang tertarik dengan produk kita setelah proses akhir yaitu perkenalan produk..biasanya ciri - ciri konsumen tertarik adalah :
- Sering bertanya
- Pandangan mata tertuju kepada produk kita.
- Memberikan nomor telephone atau apapun yang bisa di hubungi kembali

2. Continue ( Terus menerus )
Biasanya point ini sering dilupakan kita, konsumen akan banyak pilihan tetapi apabila kita dengan continue menjalankan tahapan - tahapan diatas maka suatu transaksi akan pasti terealisasi.
Ingat :
Konsumen tidak akan melakukan transaksi 1 kali saja tapi apabila konsumen senang dengan produk dan layanan kita maka akan berulang - ulang akan melakukan transaksi.
Sering banyak penjual yang tidak menjalankan secara Continue setelah melakukan tahapan - tahapan diatas maka saya yakin konsumen akan cepat pindah ke produk lainnya.
Continue yang saya maksud adalah :
1. Sering melakukan komunikasi ke konsumen walaupun konsumen sudah melakukan transaksi yang pertama.
2. Sering melakukan aktivitas selling di tempat yang sama agar konsumen akan ingat terus tentang keberadaan kita.

Demikian cara - cara simple dari Aira untuk melakukan selling produk secara sederhana ( diluar pakem ilmu marketing yang sesungguhnya he..he..he ). tapi jika kita jalankan maka akan terjadi suatu transaksi yang luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar