cara simple untuk bernegosiasi

Saya akan menggambarkan dan mensharingkan langkah - langkah negosiasi yang sederhana dalam 3 pertemuan dan beberapa trik yang efektif untuk melakukan negosiasi :

  1. Persiapan, hal ini wajib dilakukan, misalnya : 1. memahami apa tujuan yang kita ingin capai, apa alternatif jika terjadi A, B dan C. 2. Mengetahui lawan negosiasi, sehingga kita mengetahui cara menberikan strategi dalam negosiasi. contoh : Ketika mengajukan proposal ke perusahaan harus membaca proposal dulu, tentunya kita akan semakin dijatuhkan oleh perusahaan itu. 3. persiapan penampilan.
  2. Pertemuan 1 : 1. Sering bertanya untuk mengeksplor keinginan dari lawan kita, dengan demikian kita memiliki siasat yang jitu untuk memenuhi keinginan kita. 2. Memberikan tawaran yang maksimal atau minimal mungkin, misalnya sebagai pembeli, harus menawar harga serendah-rendahnya, dan jika sebagai penjual, menjual dengan harga yang setinggi-tingginya.
  3. Pertemuan 2 : 1. Selalu mempunyai plan - plan tawaran yang lainnya. jadi tidak hanya fokus seperti apa yang diminta tetapi mempunyai alternatif negosiasi jika tawaran pertama tidak di setujui. 2. Sudah membicarakan tekhnis terlebih dahulu ke depannya walaupun belum ada kesepakatan agar pihak lain melihat kesiapan kita.
  4. Pertemuan 3 : Harus sudah ada kesepakatan dan mencatat semua keinginan pihak lain agar dapat diaplikasikan oleh kita.
Beberapa trik ketika melakukan negosiasi :
1. Selalu bersahabat, jadi akan menuju suatu pencapaian keputusan yang mudah. Jika sama-sama ngotot yang masing-masing akan tidak mendapatkan hasil dari negosiasi.
2. Menganggap 2 pihak saling membutuhkan sehingga ada rasa saling menghargai.
3. Disaat setelah pertemuan 1 dan 2 kita harus sering berkomunikasi dengan pihak tersebut agar selalu diingat sehingga tidak diserahkan oleh pihak lain.
4. Jeda waktu antara pertemuan 1 dengan pertemuan berikutnya jangan terlalu lama agar pihak lain tidak mempunyai waktu untuk berpikir.

0 komentar:

Posting Komentar